contoh Bisnis Plan sederhana dan minim budget
BISNIS PLAN
MAKANAN RINGAN “KLEOPATRA”
(Klepon Telo Kelapa Cemilan
Tradisional)
Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Kewirausahaan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Kemajuan
zaman dan teknologi saat ini, berbagai jenis makanan mudah diperoleh dengan
cara menggunakan sekali klik pada handphone. Kemudahan tersebut menjadi
permasalahan bagi mayoritas konsumen akan kandungan bahan pada makanan tersebut
terjadi penyimpangan atau tidak misalnya penyimpangan dalam pembuatan bakso
dengan penambahan zat kimia yaitu boraks untuk mempertahankan kekenyalan bakso.
Penggunaan zat kimia makanan ini dapat digantikan dengan penggunaan bahan
tambahan makanan yang sesuai dengan takaran yang akan menghasilkan produk yang
aman bagi kesehatan. Mayoritas penduduk indonesia adalah golongan masyarakat
kelas menengah ke bawah, dengan ini dapat disimpulkan bahwa dalam pemilihan
makanan masyarakat lebih memilih makanan yang enak dan murah. Dua aspek
tersebut membuat saya untuk meminimalisir biaya dalam pembuatan produk makanan
dengan cara penggunaan bahan makanan yang mudah ditemukan di alam dan tidak
tergantung dengan musim sehingga makanan tersebut aman bagi tubuh untuk
konsumen.
Makanan
yang sangat potensial bila saya mengembangkan usaha adalah kleopatra (klepon
telo kelapa cemilan tradisional) karena sebagian orang menyukai klepon karena
rasanya manis dan gurih. Kleopatra ini tersedia dengan berbagai rasa sehingga
konsumen bisa memilih berbagai rasa sesuai selera. Selain itu, klepon ini dapat
dinikmati oleh berbagai kalangan dan semua umur. Kleopatra dapat dinikmati
ketika sedang berkumpul dengan teman atau saudara dan dapat dijadikan buah
tangan atau sajian saat pengajian maupun arisan sebagai cemilan yang murah adan
aman.
Dengan
alasan tersebut saya berniat untuk merintis usaha kleopatra yang bergerak di
bidang makanan ringan. Kegiatan usaha ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis homeindustry makanan dengan tujuan mendapat
kepercayaan dan memenuhi keinginan konsumen.
1.2.Rumusan
Masalah
1.2.1
Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha
bisnis yang semakin ketat saat ini?
1.3 Profil Organisasi
Nama Usaha: “KLEOPATRA”
Jenis Usaha: Kuliner
Alamat: ds. Karangjati, Singosari
Pemilik: Shaharina Novelia Q.A
1.4.Riwayat
perusahaan
Usaha ini saya bentuk
untuk berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata kuliah kewirausahaan,
prodi Peternakan, Universitas Brawijaya.
1.5.Visi,
misi dan tujuan
1.5.1. Visi
Menciptakan usaha yang
inovatif, terjangkau dan diterima oleh masyarakat serta menghasilkan produk
makanan meliputi asas ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).
1.5.2. Misi
1. Memberikan cita rasa yang terbaik.
2. Memberikan pelayanan yang terbaik.
3. Mendapatkan kepercayaan dan kepuasan dari
konsumen
1.5.3. Tujuan
a) Untuk mencoba mengembangkan ide, kreatifitas dan inovasi
b) Menambah pengalaman berwirausaha bagi pemula
c) Menarik minat mahasiswa lainnya agar mengembangkan diri di bidang
kewirausahaan.
1.6.Jenis Usaha yang Dikelola
Usaha ini bergerak di bidang
makanan yaitu pembuatan “KLEOPATRA”. Saya memilih usaha di bidang
makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill
yang saya miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk
megembangkan usaha ini.
BAB II
KEGIATAN
PASAR DAN PEMASARAN
2.1. Produk
Dalam usaha ini saya menawarkan produk yang memiliki
berbagai variasi rasa seperti:
1.
Gula kelapa
2.
Coklat
3.
Keju
4.
Green tea
5.
Kacang hijau
6.
Nanas
7.
Strawberry
Dengan memiliki berbagai
variasi rasa, konsumen dapat memilih varian rasa sesuai selera mereka
masing-masing. Produk yang kami tawarkan tidak mengandung bahan kimia yang
berbahaya seperti boraks, formalin, sianida, zat beracun dll, sehingga aman
untuk dikonsumsi. Selain itu kami menawarkan produk tersebut dengan harga yang
relatif terjangkau untuk konsumen dan menjamin kualitas dan kuantitas.
2.2. Kondisi Pasar
Jika melihat pesaing-pesaing yang
bergerak di bidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, saya
akan mensiasati dengan inovasi berbeda dari produk sebelumnya yang sudah ada
dengan memberikan variasi rasa yang saat ini menjadi trend, dan menjamin
kualitas dan kuantitas, harga yang terjangkau, aman dan sehat. Dari berbgai aspek
tersebut, saya yakin bahwa produk tersebut akan mampu bersaing dan laku
dipasaran.
2.3. Rencana Pemasaran
Saya akan
memberikan produk secara gratis dan memberikan kuisioner berisi kelebihan dan
kekurangan produk saya. Selanjutnya dengan usaha penjualan kleopatra sudah
memiliki pelanggan tetap, saya akan menambahkan promosi dengan cara pembuatan
brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya, sehingga dapat membantu dalam
mengembangkan usaha ini, membuka stan setiap berbagai event-event, menitipkan
produk saya ke kedai-kedai, menerima delivery order, dan memanfaatkan media
sosial sebagai media promosi produk kami, konsumen dapat dengan mudah
mendapatkan informasi mengenai produk saya secara detail. Saya akan memberikan
pelayanan yang baik untuk mendapatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen
terhadap produk saya. Saya akan menerapkan sistem manajemen yang baik bagi
setiap anggota dalam usaha ini agar usaha ini dapat berjalan dengan baik dan
berkembang sesuai target.
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk
seperti diatas, saya akan mempromosikan usaha ini dengan cara menambah cabang
baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat
dengan memperluas usaha kleopatra ke berbagai-daerah lain, dengan harapan usaha
ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan
serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang
baru.
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan
rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa taro dengan harga
yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga
pengembangan produk semakin baik, dan tingkat ciri khas produk kita pun setiap
harinya kian dikenal.
2.4. Analisis Pasar
Analisis
Pasar dan Pemasaran usaha kleopatra yaitu:
1.
Sasaran Konsumen
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu
mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan
kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli
produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikan pun cukup terjangkau
untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu Rp3.000/Pcs.
.
BAB
III
ANALISA
OPERASIONAL
3.1
Rencana Produksi
Adapun rencana produksi
yang dijalankan sebagai berikut :
1. Kualitas
Saya
akan memberikan kualitas yang terbaik dengan terus menjamin dan menjaga
kualitas bahan yang saya gunakan, agar kepuasan konsumen terpenuhi setelah
membeli produk saya karena memiliki kualitas yang baik dari segi bentuk dan
rasa.
2. Lokasi
Saya
memilih tempat merintis usaha yaitu ditempat yang strategis dan ramai dilalui
orang agar memudahkan konsumen dalam mengakses tempat usaha saya.
3. Cita
Rasa
Usaha
ini akan mempertahankan dan mengendalikan cita rasa produk agar konsumen dapat menikmati
rasa yang khas sehingga saya melakukan proses pembuatan, penggunaan bahan baku
samapi dengan proses pengemasan yang baik agar dapat mempertahankan cita rasa
dari produk saya.
3.2.Analisa
pendukung bisnis
Usaha ini membutuhkan
beberapa elemen untuk mendukung kelangsungan bisnis saya. Beberapa elemen yang
terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu :
1. Kondisi
tempat dan peralatan yang memadai.
2. Higienis
dan harga terjangkau
3. Bahan
baku mudah didapatkan
4. Pelaku
usaha yang kreatif dan inovatif
3.3.
Analisis
SWOT
1. Strength
(kekuatan)
- Menjual
produk untuk semua kalangan (anak-anak, remaja dan orang tua)
- Memiliki
rasa yang unik dari semua klepon yang pernah ada.
- Baik
bagi kesehatan, karena produk ini rendah lemak sehingga cocok untuk orang yang
melakukan diet.
2. Weakness
(kelemahan)
- Sangat
mudah dibuat sendiri, sehingga biasanya orang memilih membuatnya sendiri
- Cara
pembuatannya mudah
3. Opportunity
(peluang/kesempatan)
- Mudah
dalam pemasaran, karena makanan banyak orang yang tertarik kepada makanan yang
rendah lemak.
- Alat
dan bahan mudah ditemukan, sehingga memudahkan saya dalam pembuatan makanan
ini.
- Harga
relatif terjangkau.
4. Threat
(hambatan)
- Pemasaran
yang kompetitif karena produk yang sama dengan pesaing baru.
- Pesaing
memberikan varian rasa yang sulit kami peroleh yaitu mangga karena buah ini
merupakan buah musiman sehingga saya sulit untuk memproduksinya
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1.Alokasi
Usaha
Usaha ini berlokasi di
singosari karena wilayah ini memiliki tempat yang strategis dan padat penduduk.
4.2.Fasilitas
dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha
ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai
berikut :
Peralatan
|
Jumlah
|
Harga
|
Kompor
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Tabung
gas
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Panci
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Baskom
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Serok
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Nampan
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Mika
kecil
|
20
buah
|
Rp
5.600,-
|
Straples
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Lain-lain
|
-
|
Rp.
50.000,-
|
Total
jumlah
|
Rp.
55.600,-
|
4.3.Bahan
Baku
Bahan baku yang
digunakan adalah
No
|
Bahan
|
Harga
|
1
|
Ubi
ungu/kuning 1/2 kg
|
Rp.
4.000,-
|
2
|
Garam
|
Rp.
1.000,-
|
3
|
Tepung
tapioka 150 gr
|
Rp.
2.300,-
|
4
|
Gula
pasir
|
Rp.
1.000,-
|
5
|
Air
mineral
|
Rp.
0,-
|
6
|
Kelapa
|
Rp.
1.000,-
|
7
|
Gula
kelapa
|
Rp.
4.500,-
|
Total
|
Rp.
14.500,-
|
4.4.
Proses
Produksi
Dalam proses produksi
usaha ini diantaranya :
1. Meyiapkan
alat dan bahan yang akan digunakan
2. Memulai
proses pengerjaan.
3. Mermbersihkan
hasil pekerjaan
4.5.
Proses Pengerjaan
Dalam melakukan proses
pengerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut :
Hari : senin – sabtu
Waktu : 05.30 – 07.30
BAB V
ASPEK KEUANGAAN
5.1. Rencana Produksi
1. jenis produk = klepon telo kelapa
2.
jumlah produksi = 300 biji/hari=
perpack isi 5 biji = 60 pak
5.2. Biaya Tetap
1. peralatan = Rp. 55.600,-
2.
bahan baku = Rp. 14.000,-
Jumlah = Rp. 69.600,-
Modal = Rp. 69.600,-
Keuntungan
= 40% x 69.600 = Rp.
27.960,-
Modal
+ keuntungan = 69.600 + 27.960 =Rp. 97.560,-
Harga
jual = Rp. 97.560/60
= Rp. 1.626,-
= Rp. 1.600,-
BISNIS PLAN
MAKANAN RINGAN “KLEOPATRA”
(Klepon Telo Kelapa Cemilan
Tradisional)
Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen pengampu : Heni Setyo Prayogi
, S.Pt., M.Asc
Disusun
oleh
Shaharina
Novelia Q.A. (155050101111168)
FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
2017
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Kemajuan
zaman dan teknologi saat ini, berbagai jenis makanan mudah diperoleh dengan
cara menggunakan sekali klik pada handphone. Kemudahan tersebut menjadi
permasalahan bagi mayoritas konsumen akan kandungan bahan pada makanan tersebut
terjadi penyimpangan atau tidak misalnya penyimpangan dalam pembuatan bakso
dengan penambahan zat kimia yaitu boraks untuk mempertahankan kekenyalan bakso.
Penggunaan zat kimia makanan ini dapat digantikan dengan penggunaan bahan
tambahan makanan yang sesuai dengan takaran yang akan menghasilkan produk yang
aman bagi kesehatan. Mayoritas penduduk indonesia adalah golongan masyarakat
kelas menengah ke bawah, dengan ini dapat disimpulkan bahwa dalam pemilihan
makanan masyarakat lebih memilih makanan yang enak dan murah. Dua aspek
tersebut membuat saya untuk meminimalisir biaya dalam pembuatan produk makanan
dengan cara penggunaan bahan makanan yang mudah ditemukan di alam dan tidak
tergantung dengan musim sehingga makanan tersebut aman bagi tubuh untuk
konsumen.
Makanan
yang sangat potensial bila saya mengembangkan usaha adalah kleopatra (klepon
telo kelapa cemilan tradisional) karena sebagian orang menyukai klepon karena
rasanya manis dan gurih. Kleopatra ini tersedia dengan berbagai rasa sehingga
konsumen bisa memilih berbagai rasa sesuai selera. Selain itu, klepon ini dapat
dinikmati oleh berbagai kalangan dan semua umur. Kleopatra dapat dinikmati
ketika sedang berkumpul dengan teman atau saudara dan dapat dijadikan buah
tangan atau sajian saat pengajian maupun arisan sebagai cemilan yang murah adan
aman.
Dengan
alasan tersebut saya berniat untuk merintis usaha kleopatra yang bergerak di
bidang makanan ringan. Kegiatan usaha ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis homeindustry makanan dengan tujuan mendapat
kepercayaan dan memenuhi keinginan konsumen.
1.2.Rumusan
Masalah
1.2.1
Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha
bisnis yang semakin ketat saat ini?
1.3 Profil Organisasi
Nama Usaha: “KLEOPATRA”
Jenis Usaha: Kuliner
Alamat: ds. Karangjati, Singosari
Pemilik: Shaharina Novelia Q.A
1.4.Riwayat
perusahaan
Usaha ini saya bentuk
untuk berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata kuliah kewirausahaan,
prodi Peternakan, Universitas Brawijaya.
1.5.Visi,
misi dan tujuan
1.5.1. Visi
Menciptakan usaha yang
inovatif, terjangkau dan diterima oleh masyarakat serta menghasilkan produk
makanan meliputi asas ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).
1.5.2. Misi
1. Memberikan cita rasa yang terbaik.
2. Memberikan pelayanan yang terbaik.
3. Mendapatkan kepercayaan dan kepuasan dari
konsumen
1.5.3. Tujuan
a) Untuk mencoba mengembangkan ide, kreatifitas dan inovasi
b) Menambah pengalaman berwirausaha bagi pemula
c) Menarik minat mahasiswa lainnya agar mengembangkan diri di bidang
kewirausahaan.
1.6.Jenis Usaha yang Dikelola
Usaha ini bergerak di bidang
makanan yaitu pembuatan “KLEOPATRA”. Saya memilih usaha di bidang
makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill
yang saya miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk
megembangkan usaha ini.
BAB II
KEGIATAN
PASAR DAN PEMASARAN
2.1. Produk
Dalam usaha ini saya menawarkan produk yang memiliki
berbagai variasi rasa seperti:
1.
Gula kelapa
2.
Coklat
3.
Keju
4.
Green tea
5.
Kacang hijau
6.
Nanas
7.
Strawberry
Dengan memiliki berbagai
variasi rasa, konsumen dapat memilih varian rasa sesuai selera mereka
masing-masing. Produk yang kami tawarkan tidak mengandung bahan kimia yang
berbahaya seperti boraks, formalin, sianida, zat beracun dll, sehingga aman
untuk dikonsumsi. Selain itu kami menawarkan produk tersebut dengan harga yang
relatif terjangkau untuk konsumen dan menjamin kualitas dan kuantitas.
2.2. Kondisi Pasar
Jika melihat pesaing-pesaing yang
bergerak di bidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, saya
akan mensiasati dengan inovasi berbeda dari produk sebelumnya yang sudah ada
dengan memberikan variasi rasa yang saat ini menjadi trend, dan menjamin
kualitas dan kuantitas, harga yang terjangkau, aman dan sehat. Dari berbgai aspek
tersebut, saya yakin bahwa produk tersebut akan mampu bersaing dan laku
dipasaran.
2.3. Rencana Pemasaran
Saya akan
memberikan produk secara gratis dan memberikan kuisioner berisi kelebihan dan
kekurangan produk saya. Selanjutnya dengan usaha penjualan kleopatra sudah
memiliki pelanggan tetap, saya akan menambahkan promosi dengan cara pembuatan
brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya, sehingga dapat membantu dalam
mengembangkan usaha ini, membuka stan setiap berbagai event-event, menitipkan
produk saya ke kedai-kedai, menerima delivery order, dan memanfaatkan media
sosial sebagai media promosi produk kami, konsumen dapat dengan mudah
mendapatkan informasi mengenai produk saya secara detail. Saya akan memberikan
pelayanan yang baik untuk mendapatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen
terhadap produk saya. Saya akan menerapkan sistem manajemen yang baik bagi
setiap anggota dalam usaha ini agar usaha ini dapat berjalan dengan baik dan
berkembang sesuai target.
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk
seperti diatas, saya akan mempromosikan usaha ini dengan cara menambah cabang
baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat
dengan memperluas usaha kleopatra ke berbagai-daerah lain, dengan harapan usaha
ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan
serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang
baru.
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan
rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa taro dengan harga
yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga
pengembangan produk semakin baik, dan tingkat ciri khas produk kita pun setiap
harinya kian dikenal.
2.4. Analisis Pasar
Analisis
Pasar dan Pemasaran usaha kleopatra yaitu:
1.
Sasaran Konsumen
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu
mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan
kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli
produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikan pun cukup terjangkau
untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu Rp3.000/Pcs.
.
BAB
III
ANALISA
OPERASIONAL
3.1
Rencana Produksi
Adapun rencana produksi
yang dijalankan sebagai berikut :
1. Kualitas
Saya
akan memberikan kualitas yang terbaik dengan terus menjamin dan menjaga
kualitas bahan yang saya gunakan, agar kepuasan konsumen terpenuhi setelah
membeli produk saya karena memiliki kualitas yang baik dari segi bentuk dan
rasa.
2. Lokasi
Saya
memilih tempat merintis usaha yaitu ditempat yang strategis dan ramai dilalui
orang agar memudahkan konsumen dalam mengakses tempat usaha saya.
3. Cita
Rasa
Usaha
ini akan mempertahankan dan mengendalikan cita rasa produk agar konsumen dapat menikmati
rasa yang khas sehingga saya melakukan proses pembuatan, penggunaan bahan baku
samapi dengan proses pengemasan yang baik agar dapat mempertahankan cita rasa
dari produk saya.
3.2.Analisa
pendukung bisnis
Usaha ini membutuhkan
beberapa elemen untuk mendukung kelangsungan bisnis saya. Beberapa elemen yang
terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu :
1. Kondisi
tempat dan peralatan yang memadai.
2. Higienis
dan harga terjangkau
3. Bahan
baku mudah didapatkan
4. Pelaku
usaha yang kreatif dan inovatif
3.3.
Analisis
SWOT
1. Strength
(kekuatan)
- Menjual
produk untuk semua kalangan (anak-anak, remaja dan orang tua)
- Memiliki
rasa yang unik dari semua klepon yang pernah ada.
- Baik
bagi kesehatan, karena produk ini rendah lemak sehingga cocok untuk orang yang
melakukan diet.
2. Weakness
(kelemahan)
- Sangat
mudah dibuat sendiri, sehingga biasanya orang memilih membuatnya sendiri
- Cara
pembuatannya mudah
3. Opportunity
(peluang/kesempatan)
- Mudah
dalam pemasaran, karena makanan banyak orang yang tertarik kepada makanan yang
rendah lemak.
- Alat
dan bahan mudah ditemukan, sehingga memudahkan saya dalam pembuatan makanan
ini.
- Harga
relatif terjangkau.
4. Threat
(hambatan)
- Pemasaran
yang kompetitif karena produk yang sama dengan pesaing baru.
- Pesaing
memberikan varian rasa yang sulit kami peroleh yaitu mangga karena buah ini
merupakan buah musiman sehingga saya sulit untuk memproduksinya
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1.Alokasi
Usaha
Usaha ini berlokasi di
singosari karena wilayah ini memiliki tempat yang strategis dan padat penduduk.
4.2.Fasilitas
dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha
ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai
berikut :
Peralatan
|
Jumlah
|
Harga
|
Kompor
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Tabung
gas
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Panci
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Baskom
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Serok
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Nampan
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Mika
kecil
|
20
buah
|
Rp
5.600,-
|
Straples
|
1
buah
|
Rp.
0,-
|
Lain-lain
|
-
|
Rp.
50.000,-
|
Total
jumlah
|
Rp.
55.600,-
|
4.3.Bahan
Baku
Bahan baku yang
digunakan adalah
No
|
Bahan
|
Harga
|
1
|
Ubi
ungu/kuning 1/2 kg
|
Rp.
4.000,-
|
2
|
Garam
|
Rp.
1.000,-
|
3
|
Tepung
tapioka 150 gr
|
Rp.
2.300,-
|
4
|
Gula
pasir
|
Rp.
1.000,-
|
5
|
Air
mineral
|
Rp.
0,-
|
6
|
Kelapa
|
Rp.
1.000,-
|
7
|
Gula
kelapa
|
Rp.
4.500,-
|
Total
|
Rp.
14.500,-
|
4.4.
Proses
Produksi
Dalam proses produksi
usaha ini diantaranya :
1. Meyiapkan
alat dan bahan yang akan digunakan
2. Memulai
proses pengerjaan.
3. Mermbersihkan
hasil pekerjaan
4.5.
Proses Pengerjaan
Dalam melakukan proses
pengerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut :
Hari : senin – sabtu
Waktu : 05.30 – 07.30
BAB V
ASPEK KEUANGAAN
5.1. Rencana Produksi
1. jenis produk = klepon telo kelapa
2.
jumlah produksi = 300 biji/hari=
perpack isi 5 biji = 60 pak
5.2. Biaya Tetap
1. peralatan = Rp. 55.600,-
2.
bahan baku = Rp. 14.000,-
Jumlah = Rp. 69.600,-
Modal = Rp. 69.600,-
Keuntungan
= 40% x 69.600 = Rp.
27.960,-
Modal
+ keuntungan = 69.600 + 27.960 =Rp. 97.560,-
Harga
jual = Rp. 97.560/60
= Rp. 1.626,-
= Rp. 1.600,-
BAB
VI
PENUTUP
6.1. Antisipasi Masa Depan
Usaha ini saya akan bangun sedekimian rupa agar
tidak berjalan secara datar maka saya sebagai calon wirausaha yang baik akan
berusaha untuk memperbaiki kualitas kerja agar para pelanggan dan konsumen
memperoleh kepuasan atas produk makanan yang saya buat. Apabila kualitas produk
makanan saya tidak dilakukan perbaikan atau peningkatan kemungkinan besar usaha
yang saya rintis akan terancam bangkrut.
6.2. Kesimpulan
Menurut
kami usaha ini dapat berkembang dengan adanya target pencapaian. Saya sangat
yakin usaha ini dapat berkembang karena dengan orang- orang yang memiliki
kualitas dalam pekerjaannya. Saya sadar bahwa usaha saya tidak akan berkembang
pesat tanpa perjuangan dan komitmen untuk mengembangkan usaha atau bisnis ini.
BAB
VI
PENUTUP
6.1. Antisipasi Masa Depan
Usaha ini saya akan bangun sedekimian rupa agar
tidak berjalan secara datar maka saya sebagai calon wirausaha yang baik akan
berusaha untuk memperbaiki kualitas kerja agar para pelanggan dan konsumen
memperoleh kepuasan atas produk makanan yang saya buat. Apabila kualitas produk
makanan saya tidak dilakukan perbaikan atau peningkatan kemungkinan besar usaha
yang saya rintis akan terancam bangkrut.
6.2. Kesimpulan
Menurut
kami usaha ini dapat berkembang dengan adanya target pencapaian. Saya sangat
yakin usaha ini dapat berkembang karena dengan orang- orang yang memiliki
kualitas dalam pekerjaannya. Saya sadar bahwa usaha saya tidak akan berkembang
pesat tanpa perjuangan dan komitmen untuk mengembangkan usaha atau bisnis ini.
mantap makasih kak..
BalasHapusMasih bingung itu yang Bab 5 tentang aspek keuangan kak. Cara menghitungnya, terus 40% itu dari mana ? Apa kita menentukan sendiri apa gimana. 🙏
BalasHapuskalau keuntungan, memang kita yang menentukan sendiri mau ambil untung berapa persen. jadi sebelum menentukan harga jual, kita taksir dulu laba yang akan diambil.
Hapus