contoh Bisnis Plan sederhana dan minim budget

BISNIS PLAN
MAKANAN RINGAN “KLEOPATRA”
(Klepon Telo Kelapa Cemilan Tradisional)
Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Kewirausahaan


  

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Kemajuan zaman dan teknologi saat ini, berbagai jenis makanan mudah diperoleh dengan cara menggunakan sekali klik pada handphone. Kemudahan tersebut menjadi permasalahan bagi mayoritas konsumen akan kandungan bahan pada makanan tersebut terjadi penyimpangan atau tidak misalnya penyimpangan dalam pembuatan bakso dengan penambahan zat kimia yaitu boraks untuk mempertahankan kekenyalan bakso. Penggunaan zat kimia makanan ini dapat digantikan dengan penggunaan bahan tambahan makanan yang sesuai dengan takaran yang akan menghasilkan produk yang aman bagi kesehatan. Mayoritas penduduk indonesia adalah golongan masyarakat kelas menengah ke bawah, dengan ini dapat disimpulkan bahwa dalam pemilihan makanan masyarakat lebih memilih makanan yang enak dan murah. Dua aspek tersebut membuat saya untuk meminimalisir biaya dalam pembuatan produk makanan dengan cara penggunaan bahan makanan yang mudah ditemukan di alam dan tidak tergantung dengan musim sehingga makanan tersebut aman bagi tubuh untuk konsumen.
Makanan yang sangat potensial bila saya mengembangkan usaha adalah kleopatra (klepon telo kelapa cemilan tradisional) karena sebagian orang menyukai klepon karena rasanya manis dan gurih. Kleopatra ini tersedia dengan berbagai rasa sehingga konsumen bisa memilih berbagai rasa sesuai selera. Selain itu, klepon ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dan semua umur. Kleopatra dapat dinikmati ketika sedang berkumpul dengan teman atau saudara dan dapat dijadikan buah tangan atau sajian saat pengajian maupun arisan sebagai cemilan yang murah adan aman.
Dengan alasan tersebut saya berniat untuk merintis usaha kleopatra yang bergerak di bidang makanan ringan. Kegiatan usaha ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis homeindustry makanan dengan tujuan mendapat kepercayaan dan memenuhi keinginan konsumen.
1.2.Rumusan Masalah
1.2.1         Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini?
1.3 Profil Organisasi
Nama Usaha: “KLEOPATRA”
Jenis Usaha: Kuliner
Alamat: ds. Karangjati, Singosari
Pemilik: Shaharina Novelia Q.A

1.4.Riwayat perusahaan
Usaha ini saya bentuk untuk berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata kuliah kewirausahaan, prodi Peternakan, Universitas Brawijaya.
1.5.Visi, misi dan tujuan
1.5.1.      Visi
Menciptakan usaha yang inovatif, terjangkau dan diterima oleh masyarakat serta menghasilkan produk makanan meliputi asas ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).
1.5.2.      Misi
1.         Memberikan cita rasa yang terbaik.
2.         Memberikan pelayanan yang terbaik.
3.         Mendapatkan kepercayaan dan kepuasan dari konsumen
1.5.3. Tujuan
a) Untuk mencoba mengembangkan ide, kreatifitas dan inovasi
b) Menambah pengalaman berwirausaha bagi pemula
c) Menarik minat mahasiswa lainnya agar mengembangkan diri di bidang kewirausahaan.
1.6.Jenis Usaha yang Dikelola
Usaha ini bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan “KLEOPATRA”. Saya memilih usaha di bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill  yang saya miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha ini.











BAB II
KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN
2.1.      Produk
Dalam usaha ini saya menawarkan produk yang memiliki berbagai variasi rasa seperti:
1.      Gula kelapa
2.      Coklat
3.      Keju
4.      Green tea
5.      Kacang hijau
6.      Nanas
7.      Strawberry
Dengan memiliki berbagai variasi rasa, konsumen dapat memilih varian rasa sesuai selera mereka masing-masing. Produk yang kami tawarkan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti boraks, formalin, sianida, zat beracun dll, sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu kami menawarkan produk tersebut dengan harga yang relatif terjangkau untuk konsumen dan menjamin kualitas dan kuantitas.
2.2.      Kondisi Pasar
            Jika melihat pesaing-pesaing yang bergerak di bidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, saya akan mensiasati dengan inovasi berbeda dari produk sebelumnya yang sudah ada dengan memberikan variasi rasa yang saat ini menjadi trend, dan menjamin kualitas dan kuantitas, harga yang terjangkau, aman dan sehat. Dari berbgai aspek tersebut, saya yakin bahwa produk tersebut akan mampu bersaing dan laku dipasaran.
2.3.      Rencana Pemasaran
Saya akan memberikan produk secara gratis dan memberikan kuisioner berisi kelebihan dan kekurangan produk saya. Selanjutnya dengan usaha penjualan kleopatra sudah memiliki pelanggan tetap, saya akan menambahkan promosi dengan cara pembuatan brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya, sehingga dapat membantu dalam mengembangkan usaha ini, membuka stan setiap berbagai event-event, menitipkan produk saya ke kedai-kedai, menerima delivery order, dan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi produk kami, konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai produk saya secara detail. Saya akan memberikan pelayanan yang baik untuk mendapatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap produk saya. Saya akan menerapkan sistem manajemen yang baik bagi setiap anggota dalam usaha ini agar usaha ini dapat berjalan dengan baik dan berkembang sesuai target.
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, saya akan mempromosikan usaha ini dengan cara menambah cabang baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha kleopatra ke berbagai-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa taro dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga pengembangan produk semakin baik, dan tingkat ciri khas produk kita pun setiap harinya kian dikenal.
2.4. Analisis Pasar 
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha kleopatra yaitu:
1.    Sasaran Konsumen
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikan pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu Rp3.000/Pcs.


.












BAB III
ANALISA OPERASIONAL

3.1 Rencana Produksi
Adapun rencana produksi yang dijalankan sebagai berikut :
1.      Kualitas
Saya akan memberikan kualitas yang terbaik dengan terus menjamin dan menjaga kualitas bahan yang saya gunakan, agar kepuasan konsumen terpenuhi setelah membeli produk saya karena memiliki kualitas yang baik dari segi bentuk dan rasa.
2.      Lokasi
Saya memilih tempat merintis usaha yaitu ditempat yang strategis dan ramai dilalui orang agar memudahkan konsumen dalam mengakses tempat usaha saya.
3.      Cita Rasa
Usaha ini akan mempertahankan dan mengendalikan cita rasa produk agar konsumen dapat menikmati rasa yang khas sehingga saya melakukan proses pembuatan, penggunaan bahan baku samapi dengan proses pengemasan yang baik agar dapat mempertahankan cita rasa dari produk saya.
3.2.Analisa pendukung bisnis
Usaha ini membutuhkan beberapa elemen untuk mendukung kelangsungan bisnis saya. Beberapa elemen yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu :
1.      Kondisi tempat dan peralatan yang memadai.
2.      Higienis dan harga terjangkau
3.      Bahan baku mudah didapatkan
4.      Pelaku usaha yang kreatif dan inovatif
3.3.            Analisis SWOT
1.      Strength (kekuatan)
-       Menjual produk untuk semua kalangan (anak-anak, remaja dan orang tua)
-       Memiliki rasa yang unik dari semua klepon yang pernah ada.
-       Baik bagi kesehatan, karena produk ini rendah lemak sehingga cocok untuk orang yang melakukan diet.
2.      Weakness (kelemahan)
-       Sangat mudah dibuat sendiri, sehingga biasanya orang memilih membuatnya sendiri
-       Cara pembuatannya mudah
3.      Opportunity (peluang/kesempatan)
-       Mudah dalam pemasaran, karena makanan banyak orang yang tertarik kepada makanan yang rendah lemak.
-       Alat dan bahan mudah ditemukan, sehingga memudahkan saya dalam pembuatan makanan ini.
-       Harga relatif terjangkau.
4.    Threat (hambatan)
-       Pemasaran yang kompetitif karena produk yang sama dengan pesaing baru.
-       Pesaing memberikan varian rasa yang sulit kami peroleh yaitu mangga karena buah ini merupakan buah musiman sehingga saya sulit untuk memproduksinya






















BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1.Alokasi Usaha
Usaha ini berlokasi di singosari karena wilayah ini memiliki tempat yang strategis dan padat penduduk.

4.2.Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
Peralatan
Jumlah
Harga
Kompor
1 buah
Rp. 0,-
Tabung gas
1 buah
Rp. 0,-
Panci
1 buah
Rp. 0,-
Baskom
1 buah
Rp. 0,-
Serok
1 buah
Rp. 0,-
Nampan
1 buah
Rp. 0,-
Mika kecil
20 buah
Rp 5.600,-
Straples
1 buah
Rp. 0,-
Lain-lain
-
Rp. 50.000,-
Total jumlah
Rp. 55.600,-

4.3.Bahan Baku
Bahan baku yang digunakan adalah
No
Bahan
Harga
1
Ubi ungu/kuning 1/kg
Rp. 4.000,-
2
Garam
Rp. 1.000,-
3
Tepung tapioka 150 gr
Rp. 2.300,-
4
Gula pasir
Rp. 1.000,-
5
Air mineral
Rp. 0,-
6
Kelapa
Rp. 1.000,-
7
Gula kelapa
Rp. 4.500,-
Total
Rp. 14.500,-
4.4.       Proses Produksi
Dalam proses produksi usaha ini diantaranya :
1.      Meyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan
2.      Memulai proses pengerjaan.
3.      Mermbersihkan hasil pekerjaan



4.5. Proses Pengerjaan
Dalam melakukan proses pengerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut :
Hari        : senin – sabtu
Waktu    : 05.30 – 07.30




































BAB V
ASPEK KEUANGAAN

5.1. Rencana Produksi
            1. jenis produk            = klepon telo kelapa
2. jumlah produksi      = 300 biji/hari= perpack isi 5 biji = 60 pak

5.2. Biaya Tetap
            1. peralatan                  = Rp. 55.600,-
2. bahan baku              = Rp. 14.000,-
Jumlah                         = Rp. 69.600,-
Modal                          = Rp. 69.600,-
Keuntungan                = 40% x 69.600 = Rp. 27.960,-
Modal + keuntungan   =  69.600 + 27.960 =Rp. 97.560,-
Harga jual                    =  Rp. 97.560/60
                                    =  Rp. 1.626,-
                                    =  Rp. 1.600,-





 BISNIS PLAN
MAKANAN RINGAN “KLEOPATRA”
(Klepon Telo Kelapa Cemilan Tradisional)
Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen pengampu : Heni Setyo Prayogi , S.Pt., M.Asc









Disusun oleh
Shaharina Novelia Q.A.          (155050101111168)






FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
2017
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Kemajuan zaman dan teknologi saat ini, berbagai jenis makanan mudah diperoleh dengan cara menggunakan sekali klik pada handphone. Kemudahan tersebut menjadi permasalahan bagi mayoritas konsumen akan kandungan bahan pada makanan tersebut terjadi penyimpangan atau tidak misalnya penyimpangan dalam pembuatan bakso dengan penambahan zat kimia yaitu boraks untuk mempertahankan kekenyalan bakso. Penggunaan zat kimia makanan ini dapat digantikan dengan penggunaan bahan tambahan makanan yang sesuai dengan takaran yang akan menghasilkan produk yang aman bagi kesehatan. Mayoritas penduduk indonesia adalah golongan masyarakat kelas menengah ke bawah, dengan ini dapat disimpulkan bahwa dalam pemilihan makanan masyarakat lebih memilih makanan yang enak dan murah. Dua aspek tersebut membuat saya untuk meminimalisir biaya dalam pembuatan produk makanan dengan cara penggunaan bahan makanan yang mudah ditemukan di alam dan tidak tergantung dengan musim sehingga makanan tersebut aman bagi tubuh untuk konsumen.
Makanan yang sangat potensial bila saya mengembangkan usaha adalah kleopatra (klepon telo kelapa cemilan tradisional) karena sebagian orang menyukai klepon karena rasanya manis dan gurih. Kleopatra ini tersedia dengan berbagai rasa sehingga konsumen bisa memilih berbagai rasa sesuai selera. Selain itu, klepon ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dan semua umur. Kleopatra dapat dinikmati ketika sedang berkumpul dengan teman atau saudara dan dapat dijadikan buah tangan atau sajian saat pengajian maupun arisan sebagai cemilan yang murah adan aman.
Dengan alasan tersebut saya berniat untuk merintis usaha kleopatra yang bergerak di bidang makanan ringan. Kegiatan usaha ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis homeindustry makanan dengan tujuan mendapat kepercayaan dan memenuhi keinginan konsumen.
1.2.Rumusan Masalah
1.2.1         Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini?
1.3 Profil Organisasi
Nama Usaha: “KLEOPATRA”
Jenis Usaha: Kuliner
Alamat: ds. Karangjati, Singosari
Pemilik: Shaharina Novelia Q.A

1.4.Riwayat perusahaan
Usaha ini saya bentuk untuk berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata kuliah kewirausahaan, prodi Peternakan, Universitas Brawijaya.
1.5.Visi, misi dan tujuan
1.5.1.      Visi
Menciptakan usaha yang inovatif, terjangkau dan diterima oleh masyarakat serta menghasilkan produk makanan meliputi asas ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).
1.5.2.      Misi
1.         Memberikan cita rasa yang terbaik.
2.         Memberikan pelayanan yang terbaik.
3.         Mendapatkan kepercayaan dan kepuasan dari konsumen
1.5.3. Tujuan
a) Untuk mencoba mengembangkan ide, kreatifitas dan inovasi
b) Menambah pengalaman berwirausaha bagi pemula
c) Menarik minat mahasiswa lainnya agar mengembangkan diri di bidang kewirausahaan.
1.6.Jenis Usaha yang Dikelola
Usaha ini bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan “KLEOPATRA”. Saya memilih usaha di bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill  yang saya miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha ini.











BAB II
KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN
2.1.      Produk
Dalam usaha ini saya menawarkan produk yang memiliki berbagai variasi rasa seperti:
1.      Gula kelapa
2.      Coklat
3.      Keju
4.      Green tea
5.      Kacang hijau
6.      Nanas
7.      Strawberry
Dengan memiliki berbagai variasi rasa, konsumen dapat memilih varian rasa sesuai selera mereka masing-masing. Produk yang kami tawarkan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti boraks, formalin, sianida, zat beracun dll, sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu kami menawarkan produk tersebut dengan harga yang relatif terjangkau untuk konsumen dan menjamin kualitas dan kuantitas.
2.2.      Kondisi Pasar
            Jika melihat pesaing-pesaing yang bergerak di bidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, saya akan mensiasati dengan inovasi berbeda dari produk sebelumnya yang sudah ada dengan memberikan variasi rasa yang saat ini menjadi trend, dan menjamin kualitas dan kuantitas, harga yang terjangkau, aman dan sehat. Dari berbgai aspek tersebut, saya yakin bahwa produk tersebut akan mampu bersaing dan laku dipasaran.
2.3.      Rencana Pemasaran
Saya akan memberikan produk secara gratis dan memberikan kuisioner berisi kelebihan dan kekurangan produk saya. Selanjutnya dengan usaha penjualan kleopatra sudah memiliki pelanggan tetap, saya akan menambahkan promosi dengan cara pembuatan brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya, sehingga dapat membantu dalam mengembangkan usaha ini, membuka stan setiap berbagai event-event, menitipkan produk saya ke kedai-kedai, menerima delivery order, dan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi produk kami, konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai produk saya secara detail. Saya akan memberikan pelayanan yang baik untuk mendapatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap produk saya. Saya akan menerapkan sistem manajemen yang baik bagi setiap anggota dalam usaha ini agar usaha ini dapat berjalan dengan baik dan berkembang sesuai target.
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, saya akan mempromosikan usaha ini dengan cara menambah cabang baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha kleopatra ke berbagai-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa taro dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga pengembangan produk semakin baik, dan tingkat ciri khas produk kita pun setiap harinya kian dikenal.
2.4. Analisis Pasar 
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha kleopatra yaitu:
1.    Sasaran Konsumen
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikan pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu Rp3.000/Pcs.


.












BAB III
ANALISA OPERASIONAL

3.1 Rencana Produksi
Adapun rencana produksi yang dijalankan sebagai berikut :
1.      Kualitas
Saya akan memberikan kualitas yang terbaik dengan terus menjamin dan menjaga kualitas bahan yang saya gunakan, agar kepuasan konsumen terpenuhi setelah membeli produk saya karena memiliki kualitas yang baik dari segi bentuk dan rasa.
2.      Lokasi
Saya memilih tempat merintis usaha yaitu ditempat yang strategis dan ramai dilalui orang agar memudahkan konsumen dalam mengakses tempat usaha saya.
3.      Cita Rasa
Usaha ini akan mempertahankan dan mengendalikan cita rasa produk agar konsumen dapat menikmati rasa yang khas sehingga saya melakukan proses pembuatan, penggunaan bahan baku samapi dengan proses pengemasan yang baik agar dapat mempertahankan cita rasa dari produk saya.
3.2.Analisa pendukung bisnis
Usaha ini membutuhkan beberapa elemen untuk mendukung kelangsungan bisnis saya. Beberapa elemen yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu :
1.      Kondisi tempat dan peralatan yang memadai.
2.      Higienis dan harga terjangkau
3.      Bahan baku mudah didapatkan
4.      Pelaku usaha yang kreatif dan inovatif
3.3.            Analisis SWOT
1.      Strength (kekuatan)
-       Menjual produk untuk semua kalangan (anak-anak, remaja dan orang tua)
-       Memiliki rasa yang unik dari semua klepon yang pernah ada.
-       Baik bagi kesehatan, karena produk ini rendah lemak sehingga cocok untuk orang yang melakukan diet.
2.      Weakness (kelemahan)
-       Sangat mudah dibuat sendiri, sehingga biasanya orang memilih membuatnya sendiri
-       Cara pembuatannya mudah
3.      Opportunity (peluang/kesempatan)
-       Mudah dalam pemasaran, karena makanan banyak orang yang tertarik kepada makanan yang rendah lemak.
-       Alat dan bahan mudah ditemukan, sehingga memudahkan saya dalam pembuatan makanan ini.
-       Harga relatif terjangkau.
4.    Threat (hambatan)
-       Pemasaran yang kompetitif karena produk yang sama dengan pesaing baru.
-       Pesaing memberikan varian rasa yang sulit kami peroleh yaitu mangga karena buah ini merupakan buah musiman sehingga saya sulit untuk memproduksinya






















BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1.Alokasi Usaha
Usaha ini berlokasi di singosari karena wilayah ini memiliki tempat yang strategis dan padat penduduk.

4.2.Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
Peralatan
Jumlah
Harga
Kompor
1 buah
Rp. 0,-
Tabung gas
1 buah
Rp. 0,-
Panci
1 buah
Rp. 0,-
Baskom
1 buah
Rp. 0,-
Serok
1 buah
Rp. 0,-
Nampan
1 buah
Rp. 0,-
Mika kecil
20 buah
Rp 5.600,-
Straples
1 buah
Rp. 0,-
Lain-lain
-
Rp. 50.000,-
Total jumlah
Rp. 55.600,-

4.3.Bahan Baku
Bahan baku yang digunakan adalah
No
Bahan
Harga
1
Ubi ungu/kuning 1/kg
Rp. 4.000,-
2
Garam
Rp. 1.000,-
3
Tepung tapioka 150 gr
Rp. 2.300,-
4
Gula pasir
Rp. 1.000,-
5
Air mineral
Rp. 0,-
6
Kelapa
Rp. 1.000,-
7
Gula kelapa
Rp. 4.500,-
Total
Rp. 14.500,-
4.4.       Proses Produksi
Dalam proses produksi usaha ini diantaranya :
1.      Meyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan
2.      Memulai proses pengerjaan.
3.      Mermbersihkan hasil pekerjaan



4.5. Proses Pengerjaan
Dalam melakukan proses pengerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut :
Hari        : senin – sabtu
Waktu    : 05.30 – 07.30




































BAB V
ASPEK KEUANGAAN

5.1. Rencana Produksi
            1. jenis produk            = klepon telo kelapa
2. jumlah produksi      = 300 biji/hari= perpack isi 5 biji = 60 pak

5.2. Biaya Tetap
            1. peralatan                  = Rp. 55.600,-
2. bahan baku              = Rp. 14.000,-
Jumlah                         = Rp. 69.600,-
Modal                          = Rp. 69.600,-
Keuntungan                = 40% x 69.600 = Rp. 27.960,-
Modal + keuntungan   =  69.600 + 27.960 =Rp. 97.560,-
Harga jual                    =  Rp. 97.560/60
                                    =  Rp. 1.626,-
                                    =  Rp. 1.600,-











BAB VI
PENUTUP

6.1.      Antisipasi Masa Depan
Usaha ini saya akan bangun sedekimian rupa agar tidak berjalan secara datar maka saya sebagai calon wirausaha yang baik akan berusaha untuk memperbaiki kualitas kerja agar para pelanggan dan konsumen memperoleh kepuasan atas produk makanan yang saya buat. Apabila kualitas produk makanan saya tidak dilakukan perbaikan atau peningkatan kemungkinan besar usaha yang saya rintis akan terancam bangkrut.
6.2.      Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dengan adanya target pencapaian. Saya sangat yakin usaha ini dapat berkembang karena dengan orang- orang yang memiliki kualitas dalam pekerjaannya. Saya sadar bahwa usaha saya tidak akan berkembang pesat tanpa perjuangan dan komitmen untuk mengembangkan usaha atau bisnis ini.









BAB VI
PENUTUP

6.1.      Antisipasi Masa Depan
Usaha ini saya akan bangun sedekimian rupa agar tidak berjalan secara datar maka saya sebagai calon wirausaha yang baik akan berusaha untuk memperbaiki kualitas kerja agar para pelanggan dan konsumen memperoleh kepuasan atas produk makanan yang saya buat. Apabila kualitas produk makanan saya tidak dilakukan perbaikan atau peningkatan kemungkinan besar usaha yang saya rintis akan terancam bangkrut.
6.2.      Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dengan adanya target pencapaian. Saya sangat yakin usaha ini dapat berkembang karena dengan orang- orang yang memiliki kualitas dalam pekerjaannya. Saya sadar bahwa usaha saya tidak akan berkembang pesat tanpa perjuangan dan komitmen untuk mengembangkan usaha atau bisnis ini.





Komentar

  1. Masih bingung itu yang Bab 5 tentang aspek keuangan kak. Cara menghitungnya, terus 40% itu dari mana ? Apa kita menentukan sendiri apa gimana. 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau keuntungan, memang kita yang menentukan sendiri mau ambil untung berapa persen. jadi sebelum menentukan harga jual, kita taksir dulu laba yang akan diambil.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah sistem pertanian terpadu

contoh manual mutu produk pangan yang sederhana